Life is simple , just enjoy it , make your self comfort with the wave , let it flow :)

Jumat, 25 Oktober 2013

PENGALAMAN BERORGANISASI

            Sebelum saya menceritakan pengalaman saya dalam berogranisasi, saya akan menjelaskan sedikit  apa itu organisasi. Menurut pendapat saya organisasi diartikan  sebagai hubungan interaksi antar manusia yang bekerja sama dan terstuktur serta mempunyai kegiatan bersama untuk mencapai tujuan tertentu.

            Sebenarnya dari kecil saya pribadi kurang berminat mengikuti organisasi, karena saya dulu berpikir dan melihat ketika seseorang mengikuti sebuah organisasi, seseorang itu dituntut menghabiskan waktunya untuk satu organisasi itu saja, semua yang dia punya harus dimaksimalkan untuk organisasi itu. Pergaulan dan bersosialisasi hampir setiap waktu untuk satu organisasi itu saja. Jika tidak ikut untuk berkumpul biasanya mendapat teguran atau bisa dikucilkan dari organisasi itu. Jadi ada keharusan setiap waktu luang yang dimiliki (diluar jam sekolah ) diharuskan untuk organisasi.Walaupun semua itu kembali lagi ke pribadi masing masing.

           Karena pendapat saya seperti di atas, hanya sedikit pengalaman yang saya miliki dalam berorganisasi. Sewaktu SD saya beberapa kali menjadi Ketua Kelas, memang agak repot ketika menjadi ketua kelas sewaktu SD , namun kita bisa belajar tentang “kepemimpinan”.

            Diluar organisasi yang ada di dalam sekolah saya pun mengikuti sebuah perkumpulan klub tenis  yang bernama “Kiddy Tennis Club”, saya bergabung sewaktu saya kelas 1 SMP sekitar tahun 2004 sampai saya kelas 3 SMA. Anggota klub ini memiliki anggota yang cukup banyak, dari yang masih berumur 5 tahun sampai umur 40an. Kegiatanya pun rutin minimal 2 kali seminggu latihan bersama sama. Klub pun sering mengadakan turnamen secara intern untuk lebih mengasah kemampuan serta memberikan pengalaman kepada para anggota. Lalu beberapa kali saya mengikuti turnamen tingkat daerah walaupun belum bisa menjadi juara namun saya mendapat pengalaman. Di klub ini dibedakan menjadi beberapa kelas sesuai umur dan skill yang sudah dimiliki, dimulai dari beginner, intermediate dan advamce. Terakhir saya sudah mencapai kelas advance lalu berhenti karena mendekati ujian sekolah SMA.

            Saya juga bergabung dalam sebuah organisasi dalam bidang otomotif, yaitu Alyn’s Prodrag - sebuah perkumpulan penggemar modifikasi motor. Mungkin banyak orang yang memandang klub-klub motor sebagai perkumpulan yang negatif, karena dekat dengan dunia malam, kebut-kebutan di jalan, narkoba ataupun miras. Namun semua itu kembali lagi ke pribadi masing-masing. Alyn’s Prodrag tidak terlihat seperti klub motor-motor lainnya yang cukup besar dan banyak anggotanya, Alyn’s lebih ke sebuah bengkel rumahan yang anggotanya tidak terlalu banyak. Disini lebih mengarah untuk sharing dan saling membantu tentang motor. Bersama- sama belajar memperbaiki motor sendiri, saling sharing tentang hal-hal baru di dunia otomotif. Jadi kami tidak lagi bergantung kepada  mekanik yang ada di bengkel bengkel resmi. Selain lebih menghemat biaya, juga menjadikan anggotanya mempunyai skill mekanik secara otodidak. Setidaknya bisa mengatasi sendiri jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika di jalan. Saya berminat menjadi anggota Alyn’s selain karena bisa menambah pengetahuan dan keahlian dalam memperbaiki/modifikasi motor, juga karena klub ini tidak mengikat dan tidak mengharuskan setiap minggunya untuk berkumpul atau biasa disebut kopdar.

            Organisasi yang saya ikuti terakhir kali adalah sebagai anggota Menwa (Resimen Mahasiswa) batalyon 7 barracuda STP. Biasanya di sebuah universitas besar memiliki Menwa . Kegiatan Menwa rutin adalah Latdaslintar setiap hari sabtu , Latdaslintar itu mungkin seperti LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) .Namun karena saya memilih untuk mengakhiri pendidikan saya di STP (Sekolah Tinggi Perikanan), maka saya sudah tidak lagi menjadi anggota.

            Demikian pengalaman organisasi yang saya ikuti. Walaupun tidak banyak yang saya ikuti, tetapi organisasi yang telah saya ikuti sangat memberikan manfaat bagi diri saya. Diantaranya, dapat menyalurkan minat dan bakat, belajar menjadi pemimpin, bekerjasama, bertanggung jawab, dan juga mengasah kreatifitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar