Life is simple , just enjoy it , make your self comfort with the wave , let it flow :)

Sabtu, 19 Oktober 2013

ORGANISASI UMUM

A. Rentan Kendala (spam of control)

Rentang Kendali (Span of Control), sering disebut juga Span of Management, Span of Executive atau Span of Authority. Diartikan batas jumlah bawahan langsung yang dapat dipimpin dan dikendalikan secara effektif oleh seorang manager.
Perlunya Rentang Kendali dalam Organisasi dikarenakan :

  •          Keterbatasan waktu
  •          Keterbatasan pengetahuan
  •          Keterbatasan kemampuan
  •          Keterbatasan perhatian
  •          Rentang Kendali setiap pemimpin / manager tidak sama (relatif) 

Faktor yang Membatasi Rentang Kendali :

  •          Sifat dan terperincinya rencana
  •          Latihan-latihan dalam perusahaan
  •          Posisi Manager dalam perusahaan
  •          Dinamis & Statisnya Organisasi
  •          Efektivitas Komunikasi
  •          Tipe pekerjaan yang dilakukan
  •          Kecakapan & Pengalaman Manager
  •          Span of Personality and Energy
  •          Dedikasi dan Partisipasi bawahan.

B. Bentuk-bentuk Organisasi

  • .      Bentuk Organisasi Garis
Bentuk ini merupakan nbentuk organisasi paling tua dan paling sederhana. Bentuk organisasi diciptakan oleh Henry Fayol. Biasa juga disebut dengan organisasi militer dimana cirinya adalah struktur organisasi ini relatif kecil, jumlah karyawan yang relatif sedikit, saling kenal, dan spesialisai kerja yang belum begitu rumit dan tinggi.

    Kebaikannya :
v  Kesatuan komado terjamin baik karena pimpinan berada pada satu tangan.
v  Proses pengambilan keputusan berjalan dengan cepat karena jumlah orang yang diajak berkonsultasi masih sedikit.
v  Rasa solidaritas dianatara karyawan umumnya tinggi karena saling mengenal.
v  Garis komando berjalan tegas

    Kelemahannya :
v  Seluruh organisasi tergantung pada satu pimpinan (satu orang) dimana bila pimpinan tersebut berhalangan maka organisasi tersebut akan mandek atau hancur.
v  Ada kecenderungan pimpinan bertindak secara otokratis.
v  Kesempatan karyawan untuk berkembang terbatas.
Struktur organisasi garis


  • .      Bentuk Organisasi Garis dan Staff
Bentuk ini umumnya dianut oleh organisasi besar, daerah kerja yang luas, mempunyai bidang tugas yang beraneka dan rumit serta jumlah karyawan yang banyak. Bentuk ini diciptakan oleh Harrington Emerson.

    Kebaikannya :
v  Dapat digunakan pada setiap organisasi yang besar, apapun tujuannya, luas organisasinya,dan kompleksitas susunan organisasinya.
v  Pengambilan keputusan lebih mudah karena adanya dukungan dari staf ahli.
v  Perwujudan “the right man in the right place” lebih mudah terlaksana.
v  Koordinasi lebih baik karena adanya pembagian tugas yang terperinci.
v  Bakat setiap karyawan dapat lebih mudah untuk dikembangkan.

    Kelemahannya :
v  Sesama karyawan dapat terjadi tidak saling mengenal, solidaritas sulit terbangun.
v  Karena susunan organisasinya yang kompleksitas, maka koordinasi menjadi kurang baik.
v  Kesatuan Komando berkurang.


Struktur organisasi garis dan staf


  • .      Bentuk Organisasi Fungsional
Bentuk ini merupakan bentuk dimana sebagian atau segelintir pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas karena setiap pimpinan berwenang memberikan komando pada bawahannya. Bentuk ini dikembangkan oleh FW Taylor.

    Kebaikannya :
v  Pembidangan tugas-tugas jelas.
v  Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan digunakan semaksimal mungkin.
v  Digunakannya tenga-tenaga ahli dalam berbagai bidang sesuai dengan fungsinya.

    Keburukannya :
v  Karena adanya spesialisasi kerja maka akan sulit untuk mengadakan tour of duty.
v  Karyawan lebih mementingkan bidangnya sehingga sukar untuk melaksanakan koordinasi.

Struktur organisasi fungsional
  • Bentuk Organisasi Panitia
Tipe organisasi Panitia dibentuk hanya untuk sementara waktu saja, setelah tugas selesai maka selesailah organisasi tersebut.

         Kebaikan :
v  Segala putusan dipertimbakan secara mendalam  dan terperinci
v  Kemungkinan pimpinan bertindak otoriter sangat kecil
v  Koordinasi kerja jelas

         Keburukan :
v  Pengambilan keputusan memerlukan waktu lama
v  Tanggung jawabnya tidak jelas
v  Kreativitas karyawan susah untuk dikembangkan

Struktur organisasi panitia


 Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar