Life is simple , just enjoy it , make your self comfort with the wave , let it flow :)

Senin, 06 Oktober 2014

FUNGSI BAHASA

   1. Penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan benar
Bahasa yang baik adalah bahasa yang sesuai dengan situasi dan kondisi serta melihat kepada siapa bahasa tersebut disampaikan. Sebagai alat komunikasi, bahasa harus dapat efektif menyampaikan informasi kepada lawan bicara. Untuk itu bahasa yang dipilih pun harus sesuai. Sesuai dengan unsure umur, agama, status sosial dan lingkungan.
Bahasa yang benar adalah bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa baku, baik kaidah untuk bahasa baku tertulis maupun bahasa baku lisan. Serta melihat peraturan bahasa (tata bahasa, pilihan kata, tanda baca dan ejaaan).
Berbahasa Indonesia secara baik dan benar dapat di artikan pemakaian bahasa yang serasi dengan sasarannya dan mengikuti kaidah bahasa yang benar.
Contoh menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Undang-undang dasar 1945 pembukaan bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.
Dari beberapa kalimat dalam undang-undang tersebut menunjukan bahasa yang sangat baku dan merupakan pemakaian bahasa secara baik dan benar.
Contoh lain dalam membeli sesuatu di warung, jika memakai bahasa baku akan menimbulkan keganjilan, keheranan, atau kecurigaan. Akan sangat ganjil bila berkomunikasi dengan penjaga warung memakai bahasa Indonesia yang baku seperti ini.
      Berapakah ibu ingin menjual air mineral ini ini?
      Bu, apakah di sini menjual roti?
Contoh diatas adalah contoh bahasa Indonesia yang baku dan benar, tetapi tidak baik dan tidak efektif karena tidak cocok dengan situasi pemakaian kalimat-kalimat itu, untuk situasi seperti diatas, kalimat berikut akan lebih tepat
          Berapa nih bu, air mineralnya 
      Ibu, jual roti ?
Perbedaan antar bahasa yang baku dan non baku dapat terlihat dari pengucapan dan tata cara penulisannya. Bahasa Indonesia baik dan benar merupakan bahasa yang mudah dipahami.

2.Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi
Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi.
- Bahasa sebagai alat komunikasi, bahasa merupakan alat untuk merumuskan maksud kita.
- Dengan bahasa kita dapat menyampaikan semua yang kita rasakan, pikirkan, dan ketahui kepada orang lain.
- Dengan komunikasi, kita dapat mempelajari dan mewarisi semua yang pernah dicapai oleh nenek moyang kita dan apa yang telah dicapai oleh orang-orang sejaman kita.
- Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi melalui lisan dan tulisan
- Bahasa sebagai sarana komunikasi mempunyaii fungsi utama bahasa adalah bahwa komunikasi ialah penyampaian pesan atau makna oleh seseorang kepada orang lain. Keterikatan dan keterkaitan bahasa dengan manusia menyebabkan bahasa tidak tetap dan selalu berubah seiring perubahan kegaiatan manusia dalam kehidupannya di masyarakat. Perubahan bahasa dapat terjadi bukan hanya berupa pengembangan dan perluasan, melainkan berupa kemunduran sejalan dengan perubahan yang dialami masyarakat. Terutama pada penggunaan Fungsi komunikasi pada bahasa asing Sebagai contoh masyarakat Indonesia lebih sering menempel ungkapan “No Smoking” daripada “Dilarang Merokok”, “Stop” untuk “berhenti”, “Exit” untuk “keluar”, “Open House” untuk penerimaan tamu di rumah pada saat lebaran. Jadi bahasa sebagai alat komunikasi tidak hanya dengan satu bahasa melainkan banyak bahasa.
Contohnya :
- Alat-alat digunakan untuk berkomunikasi misalnya alat bunyi-bunyian, kentongan, lukisan dan  gambar :
  •     alarm untuk tanda masuk sekolah
  •  bedug untuk tanda segera melakukan sholat
  • telepon genggam untuk memanggil orang pada jarak jauh
  •  simbol stop untuk pengguna jalan
  •  adanya asap tampak dari kejauhan pertanda kebakaran
  •  bunyi alarm (suasana tanda bahaya gempa bumi/bencana alam).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar