Life is simple , just enjoy it , make your self comfort with the wave , let it flow :)

Kamis, 14 November 2013

PERBEDAAN SIMCARD, MICRO-SIM DAN NANO-SIM

Kartu SIM atau Subscriber Identity Module adalah sebuah kartu pintar kurang lebih seukuran perangko yang ditaruh pada telepon genggam yang menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi. Perlu kita ketahui bahwa beberapa Smartphone memang telah lebih dahulu menggunakan Micro-SIM daripada SIMcard yang sudah lama digunakan pada handphone konvensional. Kita ambil contoh saja pada iPhone 4 yang menggunakan Micro-SIM sedangkan iPhone 5 menggunakan Nano-SIM. Jenis-jenis kartu SIM antara lain sebagai berikut :

  • SIMcard merupakan kartu SIM yang ukurannya lebih besar dibandingkan jenis kartu SIM lainnya, kurang lebih sebesar 25.00 mm x 15.00 mm x 0.76 mm. Di Indonesia setiap operator selluler sudah pasti mengeluarkan produk jenis ini karena sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggunakannya.

  • Micro-SIM berukuran lebih kecil daripada SIMcard. Ukurannya yaitu 15.00 mm x 12.00 mm x 0.76 mm. Kartu jenis ini tidak banyak digunakan karena tidak banyak handphone atau smartphone yang memakainya. IPhone 4 adalah contoh smartphone  yang telah menggunakan microSIM.

  • Nano-SIM memiliki ukuran yang paling kecil dibandingkan jenis kartu SIM lainnya. Ukurannya hanya 12.3 mm x 8.8 mm x 0.67 mm. Nano-SIM dipakai oleh smartphone terbaru Apple yaitu iPhone5. 

Jenis-jenis kartu SIM diatas dapat dipotong dari SIMcard standar dengan menggunakan alat pemotong khusus kartu SIM. Berikut gambarnya :



1 komentar: